Senin, 06 September 2010

Usaha Pengelolaan Sampah Masyarakat




Bagaimana program ini dimulai
Di Bali kebanyakan sampah rumah tinggal dibakar, dibuang ke sungai atau dikubur. Praktek ini dilakukan karena kurangnya pengertian bahwa sampah modern berbeda dengan sampah organik yang dihasilkan di Bali sepuluh tahun yang lalu. Infrastruktur yang disediakan oleh masyarakat setempat untuk pengumpulan sampah sangat mahal (Rp 10.000,- per bulan) biaya ekstra yang cukup besar bagi kebanyakan keluarga yang masih harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Faktor-faktor ini adalah dasar dari masalah pengelolaan sampah di Bali, yang menyebabkan meningkatnya degradasi kebersihan lingkungan pada pulau dan penduduk Bali.
Yayasan IDEP dengan senang hati mensponsori program percobaan yang inovatif yang bekerja melalui kelompok PKK dalam mendirikan sistem yang sederhana dan efektif untuk mengatasi meningkatnya masalah pengelolaan sampah.
Melaui program ini sebagian dari sampah rumah tangga di desa ini telah menghasilkan keuntungan kecil dengan menjualnya ke pengumpul sampah. Maka program ini telah memberikan dua manfaat, pendapatan rutin untuk kelompok ini dan solusi yang berkelanjutan dalam usaha menjaga kebersihan desa. Pendapatan dari proyek ini digunakan oleh kelompok PKK untuk mendukung inisiasi proyek lainnya di wilayah mereka.
Program ini dimulai dan dilaksanakan oleh kelompok wanita PKK di Kutuh Kelod di Ubud, dengan dukungan melalui Yayasan IDEP berkat pendanaan dari Norwegian Student group.


Bagaimana Pogram Sampah Berbasis Masyarakat ini bekerja
Sampai sekarang 160 wanita yang diorganisasi oleh ketua kelompok PKK mereka telah memisahkan sampah plastik dan kertas dirumah masing-masing. Secara rutin wanita-wanita ini membawa sampah daur ulang mereka ke sebuah tempat sampah yang dibangun dengan sumbangan dana dari kepala desa setempat. Ketua proyek, ketua kelompok PKK di desa, telah membuat perjanjian dengan pemulung untuk membeli sampah daur ulang dari kelompok ini. Pemulung ini kemudian membawanya ke depot pengumpulan sampah di Denpasar, yang kemudian dibersihkan dan diproses. Dari sana sampah-sampah itu kemudian dijual lagi kepada pembeli yang mendaur ulang sampah-sampah tersebut di pabrik-pabrik di Jawa dan / atau menjualnya kepada pembeli dari luar negeri untuk dieksport.


Rencana Untuk Perkembangan Dari Program Yang Berhasil Ini
Kelompok PKK ini telah menerima penghargaan dari pemerintah setempat untuk inisiasi yang inovatif dan berhasil ini yang telah membantu meningkatkan semangat kaum wanita untuk program ini. Yayasan IDEP berkeinginan untuk mendukung lebih lanjut program usaha mikro berbasis masyarakat yang berhasil ini. Tujuan kami adalah untuk:

• Memperluas cakupan dari program percobaan dengan memperkenalkan tehnik-tehnik ini ke wilayah lain di Bali melalui kelompok PKK setempat • Memperdalam program dengan menyediakan pelatihan dan seminar yang akan bisa memperkuat pengertian masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik di rumah
• Menyediakan kampanye kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik. Klik di sini untuk melihat beberapa contoh dari alat bantu yang efektif ini untuk meningkatkan pengertian masyarakat dalam pengelolaan sampah dan lingkungan
• Menyelenggarakan lokakarya dalam memproduksi kompos untuk merubah sampah organik rumah menjadi sumber yang bermanfaat untuk kebun
• Mendukung pembuatan kebun dapur dan obat-obatan untuk kelompok wanita
• Memulai produksi tas kain yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan tas-tas plastik dalam masyarakat. Untuk desa-desa yang dekat dengan daerah pariwisata, inisiasi ini bisa ditingkatkan menjadi industri kecil yang bisa memproduksi dan menjual tas-tas ini kepada wisatawan


Bagaimana Anda bisa membantu
Program ini disamping mudah untuk dikelola juga sangat berkelanjutan. Memberikan manfaat yang tepat guna, solusi yang merakyat untuk masyarakat Bali yang sedang menghadapi masalah sampah yang terus meningkat. Telah mendapat penghargaan dari pemerintah setempat dalam usaha yang luar biasa oleh kaum wanita Bali dalam mengatasi masalah mereka sendiri. Dukungan finansial untuk kelanjutan perkembangan dan perluasan dari percobaan ini akan bisa memfasilitasi penyebaran program ini ke komunitas lain di Bali. Apabila anda berminat dalam mendukung program ini silakan menghubungi kami untuk mendapatkan rincian lebih lanjut, apabila Anda siap untuk memberikan dukungan anda sekarang silakan buka halaman sumbangan kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar